Minggu, 17 November 2013 3 comments

Cara Untuk mengamankan Suatu Sistem Informasi Sudah Terlindungi Dengan Baik

Soal Pretest
Untuk mengamankan suatu Sistem Informasi menurut anda apa saja yang perlu dilindungi?

Cara untuk mengontrol bahwa sistem informasi sudah terlindungi dengan baik yaitu: 
1. Kontrol administrative
Untuk menjamin bahwa seluruh kerangka kontrol dilaksanakan sepenuhnya.

2. Pembatasan akses terhadap data
Akses terhadap ruangan yang menjadi pusat data dibatasi sesuai dengan wewenang yang telah ditentukan.

3. Kontrol terhadap personel pengoperasi
Dokumen yang berisi prosedur-prosedur harus disediakan dan berisi pedoman-pedoman untuk melakukan suatu pekerjaan.

4. Kontrol terhadap peralatan
Kontrol terhadap peralatan-peralatan perlu dilakukan secara berkala dengan tujuan agar kegagalan peralatan dapat diminimumkan.

5. Kontrol terhadap penyimpanan arsip
Kontrol ini untuk memastikan bahwa setiap pita magnetic yang digunakan untuk pengarsipan telah diberi label dengan benar dan disimpan dengan tata cara yang sesuai.

6. Kontrol terhadap akses informasi
Ada kemungkinan bahwa seseorang yang tak berhak terhadap suatu informasi berhasil membaca informasi tersebut melalui jaringan (dengan menggunakan teknik sniffer).
Untuk mengantisipasi keadaan seperti ini, alangkah lebih baik sekiranya informasi tersebut dikodekan dalam bentuk yang hanya bisa dibaca oleh yang berhak. Studi tentang cara mengubah suatu informasi ke dalam bentuk yang tak dapat dibaca oleh orang lain dikenal dengan istilah kriptografi.

Ada 3 tipe pengontrol untuk menghasilkan kualitas dan keamanan sistem informasi, kategori dari kontrol ini sebagai berikut:
1. Kontrol sistem informasi
2. Cara pengontrolan
3. Pengontrolan fasilitas fisik

1. Kontrol sistem informasi
Kontrol sistem informasi adalah cara dan perlengkapan atau alat yang mencoba untuk memastikan keakuratan, ketetapan dan tata cara aktivitas sistem informasi pengontrol harus menghasilkan untuk menjamin layaknya data masukan, proses tekniknya, metode dan output informasi.

- Kontrol Input
Input dari sumber dokumen biasa juga dikontrol dengan register di dalam data buku jika mereka menerima data entry personel. Kenyataannya sistem yang digunakan mengakses catatan ketepatan rekaman, semuanya masuk kedalam sistem magnetic tetapi kontrol yang jelas memelihara semua masukan sistem.

- Proses Control
Suatu data dimasukan dengan benar ke dalam sistem komputer, dimana harus diproses dengan baik, proses kontrol menghasilkan untuk identitas kesalahan dalam perhitungan arithmetic dan operasi logika. Mereka juga sudah menjamin bahwa data tidak hilang atau tidak diproses. Proses kontrol bisa juga termasuk kontrol hardware dan kontrol software.

- Kontrol Output
Kontrol output menghasilkan untuk menjamin informasi produk sudah dikoreksi dan ditransmisikan ke pengguna dalam sebuah waktu.

- Kontrol Penyimpanan
Ada 2 cara untuk melindungi data dari kerusakan:
1.mempertanggung jawabkan pengontrolan catatan program komputer dan pengorganisasian database mungkin juga memberikan untuk perpustakaan atau pengaturan database.
2.banyak database dan file terlindungi dari seseorang yang tidak berhak atau kecelakaan dalam penggunaanya dengan program keamanan dan memerlukan pengenalan yang pantas sebelum mereka dapat mengunakannya.

2. Petunjuk control / cara pengontrolan
Petunjuk kontrol adalah metode yang spesifik bagaimana organisasi pelayanan informasi sebaiknya dioperasikan untuk keamanan maksimum. Mereka membantu keakuratan perawatan dalam organisasi serta kebenaran operasi tersebut dan sistem aktivitas pengembangan.

- Pemisahan Kewajiban
Pemisahan kewajiban merupakan prinsip dasar dari tata cara pengontrolan yang memerlukan kewajiban dari pengembangan sistem operasi computer dan pengontrolan data serta file program memberikan salinan groups.

- Petunjuk Standard An Dokumentasi/Penyimpanan
Cara standar adalah penghasil yang khas dan perawatan manual dan membangun petunjuk pertolongan software. Dan dokumentasi juga tidak terhingga nilainya didalam perawatan sistem yang dibutuhkan dalam memperbaiki sistem yang telah dibuat.

- Syarat Hak
Syarat hak merupakan mengulang untuk tujuan proyek sistem penghasil, mengubah program yang merupakan permasalahan yang berulang-ulang untuk peninjauan resmi sebelum hak diberikan.

3. Pengontrolan fasilitas fisik
Pengontrol fasilitas atau pemeriksaan fisik adalah cara melindungi bodi dari kehilangan atau kerusakan. Pusat computer adalah bagian utama yang harus dilindungi dari resiko kecelakaan, kerusakan secara alami, sabotase dan lain-lain.

- Kontrol Pelindung Bodi
Bagian keamanan maksimum dan pelindung kerusakan untuk sebuah instalasi computer memerlukan beberapa tipe kontrol. Beberapa komputer inti dilindungi dari kerusakan menggunakan bagian pelindung seperti pendeteksi api dan sistem pengeluar api.

- Kontrol Telekomunikasi 
Proses telekomunikasi dan kontrol software dimulai dari sebuah peraturan dalam aktivitas kontrol data komunikasi dalam penambahan data bias di transmisikan dalam ‘scramble’ bentuk ‘ unscrambled’ dengan hanya sistem komputer untuk hak penggunanya. Metode kontrol lainnya digunakan penggunanya seperti penghubung otomatis.

- Pengontrol Kesalahan Komputer 
Departemen pelayanan informasi khasnya mengambil langkah untuk mencegah kesalahan pelengkapan dan meminimkan efek kerusakan.

- Asuransi
Asuransi cukup memberikan jaminan untuk perlindungan komputer menggunakan perusahaan. Kerugian dapat dikokohkan dalam kejadian dari kecelakaan, malapetaka, penipuan dan resiko lainnya.

Sumber :
http://pranatha3.blogspot.com/2012/11/cara-mengontrol-sistem-informasi-yang_26.html
http://makmun.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/8785/komputer+c.doc
Kamis, 07 November 2013 0 comments

Tugas Vclass SPK (Sistem Penunjang Keputusan)

Soal:
Pada suatu kantor instansi membutuhkan pegawai yang terdiri dari tamatan SMP dan SMU sesuai kebutuhan organisasi tsb. Telah ditentukan bahwa untuk tenaga khusus tidak boleh melebihi 60 orang sedangkan untuk tenaga umum tidak boleh melebihi 90 orang. Untuk tenaga khusus dan umum diambil dari lulusan SMP dan SMU.
Demikian juga untuk tenaga SMP diperhitungkan 60% yang khusus sedangkan untuk tenaga SMU diperhitungkan 75% yang umum.

Pertanyaan : 
formulasikan model persoalan ini dalam bentuk pemrograman linier apabila dikehendaki jumlah tenaga maksimum 3X jumlah tenaga SMU dan 2X jumlah tenaga SMP

Perhitungkan besarnya tenaga-tenaga SMP dan SMU.

Untuk dapat melihat jawabannya, anda dapat Klik Disini  
Kamis, 04 Juli 2013 0 comments

Maskapai Penerbangan Terbaik Didunia (Bi Ss 2013)

Pameran kedirgantaraan tahunan, Paris Airshow 2013, menjadi arena adu gengsi maskapai penerbangan kelas wahid di dunia. Diajang tersebut, lembaga konsultan industri penerbangan yang bermarkas di London, Inggris, Skytrax, mengumumkan 10 maskapai penerbangan terbaik di dunia. Pemeringkatan itu adalah hasil dari survei daring antar bulan Juli 2012 sampai dengan Mei 2013 dengan melibatkan 18 juta penumpang pesawat dari 100 negara. Adapun jumlah maskapai penerbangan yang dinilai sebanyak 200 maskapai dengan kriteria penilaian mencakup 40 poin.

Berikut ini adalah maskapai penerbangan yang berada di peringkat satu sampai tiga, yaitu :

1.   Emirates
Emirates bermarkas di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab. Maskapai ini didirikan pada bulan Mei 1985 dengan tujuan Bombay, Delhi, dan Karachi. Pada Juli 1987, Emirates mulai mendarat di Eropa. Adapun rute Benua Asia mulai dioperasikan pada Juni 1990. Armada andalan Emirates saat ini adalah pesawat Boeing B777-300ER dan Airbus A380. Pada bulan Mei 2013, Emirates dikabarkan menjadi sponsor klub raksasa Spanyol, Real Madrid, untuk lima musim ke depan. Emirates dikenal dengan kode IATA, EK.

2.   Qatar Airways
Maskapai yang berpusat di Bandara Internasional Doha, Qatar ini merupakan salah satu maskapai yang berhasil meraih titel bintang lima dari Skytrax. Pada tahun 2011 dan 2012, Qatar Airways juga berhasil membesut penghargaan World’s Best Airlines dari lembaga yang sama. Qatar Airways berdiri pada 22 November 1993 dan mulai beroperasi pada 20 Januari 1994. Komposisi kepemilikan Qatar Airways saat ini adalah 50 persen Pemerintah Qatar dan sisanya swasta. Maskapai yang dikenal dengan kode IATA, QR, ini menjadi sponsor utama dalam juara La Liga 2012/2013, Barcelona. Pesawat futuristik Boeing B787-8 menjadi salah satu armada andalan mereka.  

3.   Singapore Airlines
        Siapa yang tak kenal maskapai bintang lima berjuluk SQ? Ini adalah salah satu maskapai penerbangan Asia tersukses dengan rute penerbangan ke Amerika, Eropa, Australia, dan Asia. Sejarah bisnis Singapore Airlines cukup panjang. Embrionya adalah Malayan Airways Ltd yang pertama kali terbang pada 1 Mei 1947. Pada tahun 1963, terbentuklah Federasi Malaysia dan mengganti nama maskapai ini menjadi Malaysian Airways.

        Pada tahun 1965, Singapura memisahkan diri dari federasi Malaysia, dan pada tahun 1966, nama Malaysian Airways berubah lagi menjadi Malaysia-Singapore Airlines (MSA). Pada tahun 1972 MSA pecah kongsi yang membuat Singapura memilih melayani rute internasional dan Malaysia tetap mengangkasa di rute domestik. SQ lekat dengan ikon Singapore Girls, sebutan untuk pramugari mereka. SQ menjadi maskapai yang pertama kali menerbangkan pesawat gigantis Airbus A380.

Sumber : www.kompas.com

0 comments

“ Bunuh Bosan Di Kantor” (Bi Ss 2013)

Anda pasti pernah merasakan bosan saat mengerjakan tugas-tugas kantor. Apalagi, pekerjaan anda adalah pekerjaan yang statis atau selalu sama dari tahun ke tahun. Karena sudah hapal dengan ritme pekerjaan. Anda menjadi lebih mudah dan mungkin lebih cepat menyelesaikannya. Tak heran, kebosanan mulai muncul.
Jangan dibiarkan. Bunuh rasa bosan anda dengan melakukan berbagai variasi kegiatan. Jika tidak dibunuh, rasa bosan tersebut akan menggerogoti kinerja dan produktivitas anda.

Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa dilakukan yaitu :

    1.   Ciptakan tantangan baru
Jika sudah selesai menyelesaikan tuntas pekerjaan anda, daripada diam dan bengong menunggu jam pulang, cobalah untuk menciptakan permainan yang diciptakan sendiri. Atau cobalah ciptakan target baru untuk anda sendiri. Anda juga bisa mengonsep sebuah acara internal kantor untuk mengakrabkan suasana antar rekan kantor. Atur target baru dan bagaimana cara mencapainya juga bisa dilakukan. “Tulis dalam sebuah agenda”.

    2.   Rapikan meja
Mungkin anda sudah lama tidak membersihkan meja. Cobalah untuk menyingkirkan kertas dan barang lain yang sudah tidak terpakai lagi. Mungkin ini saatnya anda mengecek kembali berkas lama. Buang yang sudah tidak terpakai dan simpan yang bisa menjadikan inspirasi bagi anda. Siapa tahu, dengan merapikan meja, semangat anda bisa kembali seoerti sedia kala.

    3.   Pelajari hal lain
Saat pekerjaan sudah selesai, cobalah untuk mempelajari hal yang baru melalui internet. Biarkan waktu untuk hobi dan kegemaran anda. Misalnya, senang memasak yang benar atau resep yang menarik untuk dicoba dirumah nanti. Inilah saatnya anda memperkaya pengetahuan bagi diri anda. Catatlah dalam sebuah notes.

    4.   Merapikan “folder” komputer
Anda mungkin merasa bosan karena file di dalam komputer sangat berantakan. Anda merasa kesulitan untuk mencari file yang dibutuhkan. Jika waktu sudah sengang, mungkin saatnya anda merapikan file dalam komputer. Anda juga bisa menghias latar belakang tiap folder bisa juga dengan mengunduh software background customize sehingga anda tidak merasa bosan.

    5.   Lemaskan otot
Cobalah untuk berdiri jika bosan mulai menyerang. Lakukan stretching kecil atau berjalan-jalanlah keluar dari posisi kerja anda. Mungkin anda butuh peregangan untuk kembali mengalirkan darah atau udara segar.

Sumber : www.kompas.com


1 comments

Mengenal Jenis “ Social Commerce” (Bi Ss 2013)

Tak bisa dimungkiri, pertumbuhan dunia belanja di Indonesia semakin subur. Pasalnya, orang sudah mulai familiar dengan transaksi dagang. Berbagai promosi, yang ditawarkan oleh rekan, teman, hingga saudara melalui jejaring sosial bukanlah hal yang aneh lagi.

Beberapa jenis social commerce yang diantaranya adalah

     1.   Promosi
Produk atau barang jualan juga tidak berhenti di jejaring sosial saja, tetapi juga sudah menggunakan layanan pesan instan. Beberapa orang menggunakan layanan seperti Blackberry Messenger (BBM), Whatsapp, bahkan Line. Untuk itu, mari mengenal sejenak jenis dan pola social commerce yang ada sekarang ini, yang dirilis oleh Mashable.

     2.   “Peer to peer sales platforms”
Transaksi ini terjadi di level komunitas. Sebut saja seperti Ebay, Etsy, dan Amazon Marketplace. Calon pembeli bisa langsung melihat sendiri dan mengetahui spesifikasi produk yang ingin dibeli dengan mengunjungi situs web belanja. Pembeli dapat langsung bisa melakukan transaksi di situs web itu sendiri.

    3.   “Social network-driven sales”
Penjualan dengan kategori ini terjadi karena dorongan jejaring sosial yang memang sudah sangat populer, seperti Facebook, Twitter atau Pinterest. Transaksi pun bisa terjadi di dalam jejaring itu sendiri, tetapi tidak langsung karena melalui perantara.

    4.   “Group buying”
Dalam group buying, produk dapat dijual dengan tingkat harga yang lebih murah bila ada beberapa pembeli. Misalnya adalah Groupon dan LivingSocial.

    5.   “Peer Recommendations”
Penjualan berasal dari situs web yang menunjukkan ulasan dari para pembeli sebelumnya untuk meningkatkan nilai tawar produk. Biasanya, ada imbalan akan diberikan pada orang-orang yang bersedia untuk menceritakan dan berbagi pengalaman berbelanja melalui media sosial kepada orang lain. Contohnya Amazon, Yelp, dan JustBoughtlt.

     6.    “User-Curated Shopping”
Pola berbelanja ini berasal dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat dan berbagi dengan orang lain mengenai daftar produk dan jasa yang bisa dibeli. Sebagai contoh adalah The Fancy, Lyst serta Svpply.

     7.   “Participatory Commerce”
Penjualan ini merupakan bentuk commerce saat para konsumen terlibat secara langsung dalam proses produksi. Misalnya, crowd funding seperti Kickstarter, Threadless, dan CutOnYourBias.

     8.   “Social Shopping”
Commerce yang masuk dalam kategori ini adalah situs web yang berusaha untuk menghubungkan konsumen yang berbelanja offline melalui forum chatting untuk berbagi opini dan saran.

Sumber : www.kompas.com