Minggu, 23 Desember 2012 0 comments

Augmented Reality Tecnology (BI SS 2012)


Sekarang ini, komputer grafis sudah lebih maju dan canggih. Bahkan, para peneliti sedang mencoba untuk mengintegrasikan mereka ke dalam  dunia nyata. Teknologi baru ini, yang disebut dengan Augmented Reality atau disingkat dengan nama AR, di mana teknologi ini akan menipiskan batas antara dunia yang nyata dan apa yang dihasilkan oleh komputer sehingga kita dapat melihat, mendengar, merasakan, dan mencium. Augmented Reality akan mengubah cara pandang kita dalam memandang dunia atau cara penggunannya untuk melihat dunia. Bayangkan saja diri anda sedang berjalan atau sedang dalam mengemudi di jalan, dengan menggunakan augmented reality maka elemen-elemen digital grafis akan muncul di bidang yang anda pandang, seperti pada kacamata atau kaca depan mobil anda. Kemudian ketika anda sedang membaca koran, dengan augmented reality koran tersebut tidak hanya menampilkan tulisan dan foto melainkan juga kita dapat melihat video dan mendengar suara yang akan keluar melalui koran tersebut. Maka tidaklah heran bawasan augmented reality menyuguhkan visualisasi objek yang menggabungkan ke dunia nyata.

Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)
Ada beberapa metode yang dapat digunakan pada augmented reality yaitu salah satunya adalah Marker Based Tracking.  Marker ini biasanya merupakan suatu ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar bealkang yang berwarna putih. Pada komputer anda dapat mengenali posisi dan orientasi objek marker tersebut dan menciptakan sebuah dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan sumbu yang terdiri dari X,Y dan Z. Marker Based Tracking ini sudah lama dikembangkan mulai sejak tahun 1980an dan mulai dikembangkan dalam penggunaan Augmented Reality.

Markeless Augmented Reality
Salah satu metode yang digunakan pada Augmented Reality yang sampai saat ini berkembang adalah dengan menggunakan metode “ Markeless Augmented Reality, dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital.

Macam-macam teknik yang dapat digunakan dengan menggunakan Markeless Tracking yaitu sebagai berikut :
         
         1.   Face Tracking
Dengan menggunakan teknik algoritma yang mereka kembangkan,
komputer juga dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung dan mulut. Kemudian akan mengabaikan objek-objek lain disekitarnya seperti pohon, rumah dan benda lainnya.

         2.   3D Object Tracking
Berbeda dengan face tracking yang hanya mengenali wajah manusia. Dengan menggunakan teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua benda yang berada disekitar seperti mobil, motor, meja, tv dan lain-lain.

         3.   Motion Tracking
Teknik komputer ini dapat menangkap gerakan atau Motion Tracking yang telah dimulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi sebuah film-film yang mensimulasikan pada gerakan-gerakan tubuh. Contohnya pada film avatar, dimana James Cameron menggunakan teknik ini untuk membuat film tersebut terlihat seperti lebih realtime.

Tujuan
Tujuan dalam penggunaan pada augmented reality (AR) adalah untuk meningkatkan persepsi seseorang dari dunia yang ada disekitarnya dan menjadikan sebagian dunia virtual dan nyata sebagai antarmuka yang baru yang mampu menampilkan informasi yang relevan yang sangat membantu dalam bidang pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharaan, manufaktur, militer, permainan dan segala macam hiburan.

Keuntungan
Augmented Reality memiki banyak keuntungan dibandingkan dengan Virtual Reality karena para pengguna dapat melihat, menyentuh benda-benda digital dan berinteraksi dengan elemen-elemen digital. Maka dari itu, dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berarti telah melahirkan sebuah interaksi baru antara manusia dengan komputer.


 
0 comments

Selamat Datang Iphone 5 (BI SS 2012)



Salah satu ponsel yang paling di nanti pada akhir tahun ini akhirnya datang juga. Setelah melakukan pre-order sejak 7 Desember 2012, akhirnya iphone 5 sampai juga di tangan para penggemarnya. Bertempat di Se7en Eleven Teluk Betung Jakarta Pusat, tepat pukul 00.00 WIB, iphone 5 resmi hadir di Indosat bersama dengan Indosat. Acara yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB ini diramaikan oleh kehadiran puluhan selebritas Indonesia. Berbagai macam hiburan dihadirkan, seperti Street Car Show, Street Dancers, Bands, DJ Party, Free Flow Food and Drinks, Free Massage, Aroma Theraphy Relaxing dan Infontainment Area. Semua bergabung dengan euforia kemeriahan iphone 5 Indosat mentari #likesuperstars. Diskon menarik pun diberikan sebagai bentuk komitmen Indosat kepada para pelanggannya. Bahkan, keraguan pelanggan untuk memiliki iphone 5, yang harganya cukup tinggi, ini pun bisa teratasi karena Indosat menyediakan Paket Super Lengkap iphone 5 bersama Indosat Super Wi-Fi dengan sistem cicilan berjangka 12 dan 24 bulan. Paket Super Lengkap iphone 5 dihadirkan sebagai wujud komitmen memenuhi tren kebutuhan pelanggan terhadap smartphone premium dengan layanan berkualitas Indosat Super Wifi yang dapat dinikmati dengan lebih mudah dan terjangkau melalui berbagai paket menarik yang ditawarkan oleh President Director & CEO Indosat Alexander Rusli.

Kelebihan   
Iphone 5 sendiri merupakan salah satu perangkat yang paling di tunggu sejak tahun 2010 jauh sebelum kehadiran iphone 4s. Beberapa kelebihan ponsel ini adalah retina display, jaringan 4G, sistem operasi baru iOs 6, kamera lebih tajam, hingga sim card yang tak lagi menggunakan mikro SIM, melainkan Nano SIM. Hal ini membuktikan bahwa iphone terus konsisten dalam melakukan pengembangan produk baik dari sisi desain maupun teknologi. Memahami animo masyarakat yang sangat tinggi dengan kehadiran iphone 5, Indosat sebagai salah satu provider telekomunikasi terkemuka di Indonesia juga menghadirkan inovasi terbaru melalui Nano SIM Card Indosat dan solusi layanan komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan.

Sumber : www.kompas.com

2 comments

Persaingan Sengit Antara Apple Dan Samsung (BI SS 2012)



Persaingan sengit antara apple dan samsung mencapai  babak akhir dan perseteruan itu memasuki pada babak finalnya, dalam persidangan yang berlangsung di Amerika Serikat, tepatnya di Pengadilan Tinggi San Jose, California, pekan lalu dewan juri menilai bahwa pihak Samsung telah melanggar paten dari produk milik perusahaan Apple. Dari keputusan inilah pihak Samsung akan dikenai denda dan membayar royalty kepada peusahaan Apple sebesar US$ 1,51 miliar, lebih kecil dari pada jumlah nominal yang di tuntut oleh perusahaan Apple yaitu mencapai $2,5 miliar.
Hasil ini sangat berbeda jauh dengan keputusan pengadilan di Korea.     Di Korea Selatan baik pihak Samsung maupun Apple sama-sama dianggap melanggar hak paten dan keduanya wajib membayar sejumlah denda yang sudah di sepakati pada saat persidangan. Pihak Samsung dikenai denda sebesar 25 juta Won sedangkan Apple dikenai denda sebesar 40 juta Won. Pengadilan Korea Selatan, juga menerapkan larangan terbatas untuk produk yang berasal dari kedua vendor tersebut yang tercantum dalam berkas keputusan. Produk-produk tersebut adalah iPhone 3GS, iPhone 4, iPad, iPad 2, Galaxy SI, Galaxy SII, Galaxy Tab, dan Galaxy Tab 10.1. Apple dinyatakan melanggar kedua paten Samsung sebaliknya Samsung telah melanggar satu paten milik Apple.
Sebenarnya jumlah denda yang harus dibayar oleh pihak Samsung bukanlah masalah besar bagi Samsung karena Samsung sendiri saat ini adalah produsen smartphone terbesar di dunia yang menguasai hampir 70% pasar teknologi gadget Android. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kekalahan ini akan memberikan dampak negatif terhadap nama Samsung. Meskipun demikian, hasil suara dewan juri tersebut belum ditentukan sampai adanya ‘ketuk palu’ oleh Hakim Lucy Koh karena menganggap masih ada yang harus ‘dirapihkan’ dari keputusan juri tersebut. Walaupun sudah bisa dipastikan bahwa kali ini Apple menang dari Samsung.

Paten yang Salah Kaprah
Kemenangan pihak Apple di AS merupakan kemenangan pada pengadilan di tingkat pertama. Putusan pengadilan belum memiliki kekuatan hukum tetap. Yang artinya, bahwa pihak yang dikalahkan masih dimungkinkan untuk mengajukan banding atas putusan tersebut. "Perlu diketahui pula oleh masyarakat bahwa obyek sengketa tidak semata-mata pada aspek pelanggaran hak paten. Yang disengketakan juga meliputi aspek desain industri, hak cipta, dan tampaknya juga kemasan dagang (trade dress)," kata mantan Kepala Perwakilan Business Software Alliance (BSA) Indonesia itu. Di Indonesia sendiri istilah paten pun dinilai telah salah kaprah artinya karena seolah-olah semua HKI disebut paten. Paten hanyalah salah satu rezim HKI selain hak cipta, desain industri, merek, rahasia dagang, dan lain-lainnya. Akhirnya salah kaprah ini meluas karena dikira yang dilanggar atau disengketakan dalam hal ini hanya sebatas paten dan kasusnya disebut pelanggaran paten. Padahal yang dipermasalahkan bukan sekedar paten melainkan lebih dari itu.
 
Bisakah masalah ini diselesaikan di luar pengadilan?

Sebenarnya bisa, bahkan Hakim Koh sendiri mengatakan bahwa ia akan ikut senang dan merayakan apabila kedua belah pihak yang sedang bersengketa memutuskan untuk berdamai. Namun, hal ini masih mungkin dilakukan, menurut pendapat Reuters melaporkan bahwa Apple dan Samsung belakangan telah ikut terlibat dalam pembicaraan tingkat tinggi, akan tetapi gagal untuk meraih kata sepakat antar keduanya.