Minggu, 23 Desember 2012

Augmented Reality Tecnology (BI SS 2012)


Sekarang ini, komputer grafis sudah lebih maju dan canggih. Bahkan, para peneliti sedang mencoba untuk mengintegrasikan mereka ke dalam  dunia nyata. Teknologi baru ini, yang disebut dengan Augmented Reality atau disingkat dengan nama AR, di mana teknologi ini akan menipiskan batas antara dunia yang nyata dan apa yang dihasilkan oleh komputer sehingga kita dapat melihat, mendengar, merasakan, dan mencium. Augmented Reality akan mengubah cara pandang kita dalam memandang dunia atau cara penggunannya untuk melihat dunia. Bayangkan saja diri anda sedang berjalan atau sedang dalam mengemudi di jalan, dengan menggunakan augmented reality maka elemen-elemen digital grafis akan muncul di bidang yang anda pandang, seperti pada kacamata atau kaca depan mobil anda. Kemudian ketika anda sedang membaca koran, dengan augmented reality koran tersebut tidak hanya menampilkan tulisan dan foto melainkan juga kita dapat melihat video dan mendengar suara yang akan keluar melalui koran tersebut. Maka tidaklah heran bawasan augmented reality menyuguhkan visualisasi objek yang menggabungkan ke dunia nyata.

Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)
Ada beberapa metode yang dapat digunakan pada augmented reality yaitu salah satunya adalah Marker Based Tracking.  Marker ini biasanya merupakan suatu ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar bealkang yang berwarna putih. Pada komputer anda dapat mengenali posisi dan orientasi objek marker tersebut dan menciptakan sebuah dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan sumbu yang terdiri dari X,Y dan Z. Marker Based Tracking ini sudah lama dikembangkan mulai sejak tahun 1980an dan mulai dikembangkan dalam penggunaan Augmented Reality.

Markeless Augmented Reality
Salah satu metode yang digunakan pada Augmented Reality yang sampai saat ini berkembang adalah dengan menggunakan metode “ Markeless Augmented Reality, dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital.

Macam-macam teknik yang dapat digunakan dengan menggunakan Markeless Tracking yaitu sebagai berikut :
         
         1.   Face Tracking
Dengan menggunakan teknik algoritma yang mereka kembangkan,
komputer juga dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung dan mulut. Kemudian akan mengabaikan objek-objek lain disekitarnya seperti pohon, rumah dan benda lainnya.

         2.   3D Object Tracking
Berbeda dengan face tracking yang hanya mengenali wajah manusia. Dengan menggunakan teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua benda yang berada disekitar seperti mobil, motor, meja, tv dan lain-lain.

         3.   Motion Tracking
Teknik komputer ini dapat menangkap gerakan atau Motion Tracking yang telah dimulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi sebuah film-film yang mensimulasikan pada gerakan-gerakan tubuh. Contohnya pada film avatar, dimana James Cameron menggunakan teknik ini untuk membuat film tersebut terlihat seperti lebih realtime.

Tujuan
Tujuan dalam penggunaan pada augmented reality (AR) adalah untuk meningkatkan persepsi seseorang dari dunia yang ada disekitarnya dan menjadikan sebagian dunia virtual dan nyata sebagai antarmuka yang baru yang mampu menampilkan informasi yang relevan yang sangat membantu dalam bidang pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharaan, manufaktur, militer, permainan dan segala macam hiburan.

Keuntungan
Augmented Reality memiki banyak keuntungan dibandingkan dengan Virtual Reality karena para pengguna dapat melihat, menyentuh benda-benda digital dan berinteraksi dengan elemen-elemen digital. Maka dari itu, dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berarti telah melahirkan sebuah interaksi baru antara manusia dengan komputer.


 
Share on :
Show comments
Hide comments

0 comments:

Posting Komentar


Sekarang ini, komputer grafis sudah lebih maju dan canggih. Bahkan, para peneliti sedang mencoba untuk mengintegrasikan mereka ke dalam  dunia nyata. Teknologi baru ini, yang disebut dengan Augmented Reality atau disingkat dengan nama AR, di mana teknologi ini akan menipiskan batas antara dunia yang nyata dan apa yang dihasilkan oleh komputer sehingga kita dapat melihat, mendengar, merasakan, dan mencium. Augmented Reality akan mengubah cara pandang kita dalam memandang dunia atau cara penggunannya untuk melihat dunia. Bayangkan saja diri anda sedang berjalan atau sedang dalam mengemudi di jalan, dengan menggunakan augmented reality maka elemen-elemen digital grafis akan muncul di bidang yang anda pandang, seperti pada kacamata atau kaca depan mobil anda. Kemudian ketika anda sedang membaca koran, dengan augmented reality koran tersebut tidak hanya menampilkan tulisan dan foto melainkan juga kita dapat melihat video dan mendengar suara yang akan keluar melalui koran tersebut. Maka tidaklah heran bawasan augmented reality menyuguhkan visualisasi objek yang menggabungkan ke dunia nyata.

Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)
Ada beberapa metode yang dapat digunakan pada augmented reality yaitu salah satunya adalah Marker Based Tracking.  Marker ini biasanya merupakan suatu ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar bealkang yang berwarna putih. Pada komputer anda dapat mengenali posisi dan orientasi objek marker tersebut dan menciptakan sebuah dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan sumbu yang terdiri dari X,Y dan Z. Marker Based Tracking ini sudah lama dikembangkan mulai sejak tahun 1980an dan mulai dikembangkan dalam penggunaan Augmented Reality.

Markeless Augmented Reality
Salah satu metode yang digunakan pada Augmented Reality yang sampai saat ini berkembang adalah dengan menggunakan metode “ Markeless Augmented Reality, dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital.

Macam-macam teknik yang dapat digunakan dengan menggunakan Markeless Tracking yaitu sebagai berikut :
         
         1.   Face Tracking
Dengan menggunakan teknik algoritma yang mereka kembangkan,
komputer juga dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung dan mulut. Kemudian akan mengabaikan objek-objek lain disekitarnya seperti pohon, rumah dan benda lainnya.

         2.   3D Object Tracking
Berbeda dengan face tracking yang hanya mengenali wajah manusia. Dengan menggunakan teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua benda yang berada disekitar seperti mobil, motor, meja, tv dan lain-lain.

         3.   Motion Tracking
Teknik komputer ini dapat menangkap gerakan atau Motion Tracking yang telah dimulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi sebuah film-film yang mensimulasikan pada gerakan-gerakan tubuh. Contohnya pada film avatar, dimana James Cameron menggunakan teknik ini untuk membuat film tersebut terlihat seperti lebih realtime.

Tujuan
Tujuan dalam penggunaan pada augmented reality (AR) adalah untuk meningkatkan persepsi seseorang dari dunia yang ada disekitarnya dan menjadikan sebagian dunia virtual dan nyata sebagai antarmuka yang baru yang mampu menampilkan informasi yang relevan yang sangat membantu dalam bidang pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharaan, manufaktur, militer, permainan dan segala macam hiburan.

Keuntungan
Augmented Reality memiki banyak keuntungan dibandingkan dengan Virtual Reality karena para pengguna dapat melihat, menyentuh benda-benda digital dan berinteraksi dengan elemen-elemen digital. Maka dari itu, dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berarti telah melahirkan sebuah interaksi baru antara manusia dengan komputer.


 


Sekarang ini, komputer grafis sudah lebih maju dan canggih. Bahkan, para peneliti sedang mencoba untuk mengintegrasikan mereka ke dalam  dunia nyata. Teknologi baru ini, yang disebut dengan Augmented Reality atau disingkat dengan nama AR, di mana teknologi ini akan menipiskan batas antara dunia yang nyata dan apa yang dihasilkan oleh komputer sehingga kita dapat melihat, mendengar, merasakan, dan mencium. Augmented Reality akan mengubah cara pandang kita dalam memandang dunia atau cara penggunannya untuk melihat dunia. Bayangkan saja diri anda sedang berjalan atau sedang dalam mengemudi di jalan, dengan menggunakan augmented reality maka elemen-elemen digital grafis akan muncul di bidang yang anda pandang, seperti pada kacamata atau kaca depan mobil anda. Kemudian ketika anda sedang membaca koran, dengan augmented reality koran tersebut tidak hanya menampilkan tulisan dan foto melainkan juga kita dapat melihat video dan mendengar suara yang akan keluar melalui koran tersebut. Maka tidaklah heran bawasan augmented reality menyuguhkan visualisasi objek yang menggabungkan ke dunia nyata.

Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)
Ada beberapa metode yang dapat digunakan pada augmented reality yaitu salah satunya adalah Marker Based Tracking.  Marker ini biasanya merupakan suatu ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar bealkang yang berwarna putih. Pada komputer anda dapat mengenali posisi dan orientasi objek marker tersebut dan menciptakan sebuah dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan sumbu yang terdiri dari X,Y dan Z. Marker Based Tracking ini sudah lama dikembangkan mulai sejak tahun 1980an dan mulai dikembangkan dalam penggunaan Augmented Reality.

Markeless Augmented Reality
Salah satu metode yang digunakan pada Augmented Reality yang sampai saat ini berkembang adalah dengan menggunakan metode “ Markeless Augmented Reality, dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital.

Macam-macam teknik yang dapat digunakan dengan menggunakan Markeless Tracking yaitu sebagai berikut :
         
         1.   Face Tracking
Dengan menggunakan teknik algoritma yang mereka kembangkan,
komputer juga dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung dan mulut. Kemudian akan mengabaikan objek-objek lain disekitarnya seperti pohon, rumah dan benda lainnya.

         2.   3D Object Tracking
Berbeda dengan face tracking yang hanya mengenali wajah manusia. Dengan menggunakan teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua benda yang berada disekitar seperti mobil, motor, meja, tv dan lain-lain.

         3.   Motion Tracking
Teknik komputer ini dapat menangkap gerakan atau Motion Tracking yang telah dimulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi sebuah film-film yang mensimulasikan pada gerakan-gerakan tubuh. Contohnya pada film avatar, dimana James Cameron menggunakan teknik ini untuk membuat film tersebut terlihat seperti lebih realtime.

Tujuan
Tujuan dalam penggunaan pada augmented reality (AR) adalah untuk meningkatkan persepsi seseorang dari dunia yang ada disekitarnya dan menjadikan sebagian dunia virtual dan nyata sebagai antarmuka yang baru yang mampu menampilkan informasi yang relevan yang sangat membantu dalam bidang pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharaan, manufaktur, militer, permainan dan segala macam hiburan.

Keuntungan
Augmented Reality memiki banyak keuntungan dibandingkan dengan Virtual Reality karena para pengguna dapat melihat, menyentuh benda-benda digital dan berinteraksi dengan elemen-elemen digital. Maka dari itu, dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berarti telah melahirkan sebuah interaksi baru antara manusia dengan komputer.


 


Sekarang ini, komputer grafis sudah lebih maju dan canggih. Bahkan, para peneliti sedang mencoba untuk mengintegrasikan mereka ke dalam  dunia nyata. Teknologi baru ini, yang disebut dengan Augmented Reality atau disingkat dengan nama AR, di mana teknologi ini akan menipiskan batas antara dunia yang nyata dan apa yang dihasilkan oleh komputer sehingga kita dapat melihat, mendengar, merasakan, dan mencium. Augmented Reality akan mengubah cara pandang kita dalam memandang dunia atau cara penggunannya untuk melihat dunia. Bayangkan saja diri anda sedang berjalan atau sedang dalam mengemudi di jalan, dengan menggunakan augmented reality maka elemen-elemen digital grafis akan muncul di bidang yang anda pandang, seperti pada kacamata atau kaca depan mobil anda. Kemudian ketika anda sedang membaca koran, dengan augmented reality koran tersebut tidak hanya menampilkan tulisan dan foto melainkan juga kita dapat melihat video dan mendengar suara yang akan keluar melalui koran tersebut. Maka tidaklah heran bawasan augmented reality menyuguhkan visualisasi objek yang menggabungkan ke dunia nyata.

Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)
Ada beberapa metode yang dapat digunakan pada augmented reality yaitu salah satunya adalah Marker Based Tracking.  Marker ini biasanya merupakan suatu ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar bealkang yang berwarna putih. Pada komputer anda dapat mengenali posisi dan orientasi objek marker tersebut dan menciptakan sebuah dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan sumbu yang terdiri dari X,Y dan Z. Marker Based Tracking ini sudah lama dikembangkan mulai sejak tahun 1980an dan mulai dikembangkan dalam penggunaan Augmented Reality.

Markeless Augmented Reality
Salah satu metode yang digunakan pada Augmented Reality yang sampai saat ini berkembang adalah dengan menggunakan metode “ Markeless Augmented Reality, dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital.

Macam-macam teknik yang dapat digunakan dengan menggunakan Markeless Tracking yaitu sebagai berikut :
         
         1.   Face Tracking
Dengan menggunakan teknik algoritma yang mereka kembangkan,
komputer juga dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung dan mulut. Kemudian akan mengabaikan objek-objek lain disekitarnya seperti pohon, rumah dan benda lainnya.

         2.   3D Object Tracking
Berbeda dengan face tracking yang hanya mengenali wajah manusia. Dengan menggunakan teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua benda yang berada disekitar seperti mobil, motor, meja, tv dan lain-lain.

         3.   Motion Tracking
Teknik komputer ini dapat menangkap gerakan atau Motion Tracking yang telah dimulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi sebuah film-film yang mensimulasikan pada gerakan-gerakan tubuh. Contohnya pada film avatar, dimana James Cameron menggunakan teknik ini untuk membuat film tersebut terlihat seperti lebih realtime.

Tujuan
Tujuan dalam penggunaan pada augmented reality (AR) adalah untuk meningkatkan persepsi seseorang dari dunia yang ada disekitarnya dan menjadikan sebagian dunia virtual dan nyata sebagai antarmuka yang baru yang mampu menampilkan informasi yang relevan yang sangat membantu dalam bidang pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharaan, manufaktur, militer, permainan dan segala macam hiburan.

Keuntungan
Augmented Reality memiki banyak keuntungan dibandingkan dengan Virtual Reality karena para pengguna dapat melihat, menyentuh benda-benda digital dan berinteraksi dengan elemen-elemen digital. Maka dari itu, dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berarti telah melahirkan sebuah interaksi baru antara manusia dengan komputer.